Adsen

5 Jenis Pakan Alternatif Ikan Nila

Pakan alternatif identik dengan harga yang murah, mudah didapat dan jumlah yang melimpah. semakin murah harga pakan maka keuntungan hasil panen semakin besar. Tujuan dari pemberian pakan alternatif tentunya untuk menekan biaya produksi dan memperoleh laba keuntungan lebih tinggi. 



Pakan merupakan faktor penting dalam usaha pembenihan dan pembesaran ikan nila. Pakan pelet buatan pabrik terbilang cukup mahal, sehingga para pengusaha pemula dengan modal rendah harus mencari akal untuk memenuhi kebutuhan pakan nila. 

Secara morfologi, Ikan nila termasuk jenis ikan omnivora atau pemakan segala. Makanan alaminya berupa cacing sutra, cacing tanah, plankton, tumbuhan air dan hewan air kecil lainnya.

Sebagai pengusaha pembesaran ikan nila pasti tidak bisa mengandalkan ketersediaan pakan alami yang tumbuh di media budidaya, sehingga perlu penamabahan pakan alternatif untuk memenuhi kebutuhan pakan setiap harinya. 

Dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa pakan alternatif  nila lengkap dengan kandungan gizinya:


5 Jenis Pakan Alternatif Ikan Nila 

1. Jagung 

jagung merupakan sumber makanan sekaligus sumber karbohidrat atau  energi untuk ikan nila, karena kandungan pati  jagung lebih dari 60%-80% dan sangat mudah dicerna karena kandungan serat kasar sangat rendah. Jagung mengandung xantofil yang berguna untuk meningkatkan kepekatan warna kuning pada kuning telur,  sehingga sangat bagus diberikan pada induk ikan nila sebagai pakan alternatif. 


Berikut ini adalah prosentase kandungan gizi pada tiap 100gr jagung:

- kalori           : 355 kal
- protein         : 9,2 gr
- lemak          : 3,9 gr
- karbohidrat : 73,7 gr
- kalsium : 10 mg
- posfor         : 256 gr
- besi : 2,4 gr
- vitamin        : 510 gr
- vitamin B1 : 0,38 gr
- Air : 12 gr

2. Dedak 

Dedak berasal dari sisa penggilingan padi. Untuk memperoleh dedak di Indonesia sangat mudah karena indonesia termasuk negara agraris. jadi dedak sangat rekomended untuk dijadikan  pakan alternatif ikan nila, disamping cara memperolehnya mudah juga kandungan gizi dedak sangat baik.

Berikut komposisi zat gizi pada dedak padi :

- Air : 10%
- Protein kasar : 10%
- serat kasar     : 7,5%
- lemak           : 2,25 %
- Abu : 7,5 %

3. Sayur-sayuran

Batang, daun, akar dan bunga – hampir setiap bagian dari beberapa tanaman yang digunakan oleh manusia mengandung beberapa bentuk gizi. banyak petani di Indonesia menanam sayur-sayuran seperti sawi, kangkung, gubis dll.. yang mana sayuran tersebut dapat digunakan untuk pakan alternatif nila. Ikan nila sendiri merupakan ikan herbivora, sehingga sayuran tersebut pasti dimakan oleh ikan nila.

4. Azolla

Azolla juga efisien untuk pakan alternatif nila.

Dengan menggunakan azolla untuk pakan benih nila, biaya pakan bisa ditekan hingga 50%. Pada kondisi optimal azolla akan tumbuh baik dengan laju pertumbuhan 35% tiap hari Nilai nutrisi azolla mengandung kadar protein tinggi antara 24-30%. Kandungan asam amino essensialnya, terutama lisin 0,42% lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrat jagung, dedak, dan beras pecah (Arifin, 1996).

Seiring dengan perkembangan pupuk hijau, penggunaan azolla ini kini lebih banyak dimanfaatkan untuk budidaya perikanan sebagai pakan alternatif. Dengan adanya kegiatan budidaya ikan mina padi dengan azolla, selain menjadikannya sebagai pakan alternatif perikanan juga konstribusi dapat digunakan untuk peningkatan produksi padi

5. Sorgum

Tanaman sorgum merupakan tanaman multiguna yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pemecahan krisis pangan dan energi di indonesia. Selain sebagai bahan pangan sorgum dapat digunakan juga sebagai bahan baku industri seperti gula, MSG, asam amino dan etanol maupun pakan (Hoeman, 2009). Sebagai produk pangan biji sorgum tidak memiliki gluten sehingga sangat cocok diaplikasikan sebagai bahan pangan alternatif bagi orang yang alergi terhadap gluten (U.S. Grains Council, 2004).

 
Biji sorgum memiliki kandungan protein 10,40% lebih tinggi dibandingkan beras 7,90% sedangkan karbohidratnya sebesar 70,70% setara dengan gandum dan jagung sehingga sangat baik untuk pakan alternatif ikan nila. Kandungan Biji sorgum lebih baik jika dibandingkan dengan jenis-jenis serelia lain.

Baca Juga :


tag : pakan ikan nila alami
pakan ikan nila dari daun
pakan ikan nila organik
makanan ikan nila supaya cepat besar
makanan ikan nila umur 1 bulan
harga pakan ikan nila
cara membuat pakan ikan nila dari kotoran sapi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Jenis Pakan Alternatif Ikan Nila"