Adsen

Cara Ampuh Merawat Benih Lele Dumbo Umur 3-40 Hari

Merawat benih lele memang susah-susah gampang ! Dalam prosesnya memerlukan ketelitian serta kehati-hatian, karena benih lele sangat rentan kematian bila jumblah ikan sangat banyak. 


Salah satu kunci faktor kesuksesan dalam bisnis pembenihan ikan lele adalah makanan, induk jantan dan betina, kondisi kolam, dan pengelolaan dalam mengatasi dan mencegah penyakit

Disini saya akan berbagi pengalaman cara merawat benih lele secara baik dan benar, dengan perawatan yang optimal tentu akan menghasilkan benih yang memuaskan baik dari segi jumblah dan kualitas benih lele.


Berikut 3 tahap perawatan benih lele dumbo :

1. Tahap Persiapan Media

Penetasan telur dilakukan pada kolam pemijahan antara induk jantan dan betina, hanya saja induk jantan  dan betina diangkat keluar dan telur tetap dibiarkan dikolam pemijahan sampai menetas. 

2. Tahap Penetasan Telur

Setelah induk jantan dan betina diangkat keluar, kakaban yang berisi telur kemudian dibalik dengan tujuan agar telur terendam air dan larva dari telur yang menetas tidak menempel kembali pada kakaban. Pada saat penetasan telur yang perlu diperhatikan adalah menjaga suhu tetap optimal. Untuk menjaga suhu optimal kolam pemijahan ditutup dengan seng. 

3. Tahap Pemeliharaan Larva

Larva yang baru menetas tidak perlu diberikan pakan karena masih memiliki adangan makanan berupa kuning telur yang biasanya akan habis pada umur 2-3 hari. Setelah larva berumur 4 hari barulah dapat diberi pakan alami berupa cacing sutra. Waktu pemberian pakan adalah pagi dan sore hari.

Hal penting lainnya adalah menjaga kebersihan kolam. Bersihklan kolam dari kotoran ikan dan sisa pakan. Kotoran ikan berupa feses serta sisa pakan dapat mengakibatkan peningkatan amonia yang bisa memicu kematian larva. 

Praktek menjaga kualitas air tetap dalam kondisi baik dilakukan penyiponan dan pengantian air sehari 2 kali pada pagi dan sore hari. Proses penggantian air dilakukan sebanyak 100% baik itu pagi maupun sore, bersamaan dengan penggantian air lakukanlah penyiponan pada dasar kolam.

Pada tahap perawatan larva untuk memperjelas saya bagi menjadi 4 tahap.

Berikut 4 tahap perawatan larva :

A. Tingkat 1 umur 3-12 hari


Pada tahap ini saya akan berbagi bagaimana cara pemberian pakan

dan perawatan lele umur 1-3 hari. 


Pada tingkat ini pemeliharaan larva harus teliti, setiap pagi dan sore air diganti. Air kolam dikeluarkan dengan keepatan yang sedang, karena ikan masih lemah. Setelah air kolam hampir habis, dorong atau siram kotoran pada dasar kolam ke arah Outlet. Kemudian mengisi kembali air kolam setinggi 30 cm. 

Tahap selanjutnya adalah pemberian pakan menggunakan cacing sutra. Kenapa diberi pakan cacing sutra ? 

Karena cacing sutra memiliki kandungan protein sangat tinggi dan juga sifat cacing sutra tidak terlalu merusak kualitas air kolam.


Cara Pemberian Pakan dan Perawatan Lele Umur 3-12 hari :

1.  Ambil cacing sutra lalu campurkan dengan air kedalam bak, aduk sampai cacing terpisah satu sama lain. kemudian tebarkan kedalam kolam secara merata. 

2. Usahakan Jangan sampai kurang dalam memberi pakan, namun juga jangan sampai sisa terlalu bnyak pula. Sedikit ada sisa aing tidak masalah.

3. Setelah pemberian kurang lebih 30 menit, Aliri kolam dengan air selama 30 menit. Hal ini berguna membuang bau amis dari sisa cacing sutra. Bila tidak peraya, amatilah setela pemeberian pakan, ikan akan bergerak keatas dan mengeluarkan busa. memberi air baru sangat membantu dalam hal seperti ini. 


Waktu pemberian pakan yang baik adalah sebagai berikut :

1. Pola pemebrian pakan 2x sehari : 08.00 dan 16.00

2. Pola pemebrian pakan 3x sehari : 08.00 , 16.00 dan 22.00

Kunci sukses merawat benih lele umur 3-40 hari adalah 
menjaga kualitas air kolam, pemberian makanan tidak boleh telat,
makanan harus berprotein tinggi karena pada umur 1-12 hari merupakan masa dimana benih lele dalam masa pertumbuhan Organ pencernaan. Penting juga menjaga suhu tetap stabil, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

B. Tingkat 2 umur ukuran 1 cm

Pada tingkat ini, larva sudah dapat diberi pakan buatan berupa pelet lembut. Saya memakai merk MS Fengli dengan komposisi nutrisi yaitu Protein = 40%, lemak = 5%, serat = 2%, abu = 13%, kesetabilan dalam air = 90%. Dalam proses pemberian pakan saya tambahkan probiotik Grotop untuk menambah nafsu makan serta daya tahan tubuh. 

Untuk menjaga kualitas air saya melakukan penggantian air sebanyak 100% pada pagi jam 06.00 dan sore pukul 16.00 WIB. Untuk menjaga suhu saya tutup kolam menggunakan seng, namun tidak full kolam tertutupi dengan tujuan agar sirkulasi udara dalam kolam tetap lancar.  Pada saat turun hujan dan pada malam hari kolam saya tutup rapat. 

C. Tingkat 3 ukuran 2-3 cm

Pada tingkat ini, larva diberi pakan pelet tipr Pf 128 yang sudah berbentuk butir dan dicampur dengan cargil yang dihaluskan. pencampuran ini bertujuan agar seluruh ikan dapat makan dan meminimalisir pertumbuhan yang tidak merata. Untuk perawatan ikan tetap dilkukan hal yang sama pada tingat 2. 

D. Tingkat 4 ukuran 4-6 cm

Ikan yang berukuran 4cm diberi pakan Cargil butiran + cargi halus (yang sudah di selep). Pada tingkat ini pemberian pakan berupa cargil murni tanpa tambahan jenis pakan lain dan tetap ditambah probiotik setiap pemberian pakan. Untuk menjaga kualitas air setiap pagi dan sore hari dilakukan penggantian air 80%  + penyiponan. Kepadatan ikan ukuran 5-6cm adalah 50.000-70.000 ekor pada kolam 1,5x7 meter. 

Baca juga :
5 Jenis Pakan Lele Berdasarkan Umur

sekian sedikit berbagi pengalaman dari saya semoga bermanfaat bagi yang membaca. terimakasih


Tag : pakan bibit lele yang bagus, pakan alternatif benih lele selain cacing, cara membuat pakan larva lele, cara merawat bibit lele biar cepat besar, cara merawat bibit lele agar tidak mati, kumpulan pakan larva lele, jenis pakan lele berdasarkan umur, cara merawat larva lele di kolam terpal

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Ampuh Merawat Benih Lele Dumbo Umur 3-40 Hari"

Unknown mengatakan...

Apakah saat penggantian air larva lele tetap dalam kolam ug lagi dibersihkan ? Trimaksih

Faridpompa mengatakan...

biarkan tetap dalam kolam, pelan2 saja klo bersihkan