Adsen

Cara Membuat Pakan Buatan Larva Lele Agar Cepat Besar

Cara Membuat  Pakan Buatan Larva Lele Agar Cepat Besar



Pakan larva lele yang berkualiatas merupakan kunci keberhasilan dalam usaha pembenihan lele dan yang menentukan kualitas dari larva tersebut. 

Apabila kebutuhan pakan larva lele kurang, maka pertumbuhan organ dalam ikan terhambat.  Hal inilah yang akan membuat benih lele mudah terserang penyakit dan tidak tahan cuaca extrim. 

Umumnya larva lele tidak perlu pakan tambahan sebelum berumur 3 hari sejak menetas. Setelah menetas mereka masih memiliki kuning telur sebagai cadangan makanan selama beberapa hari.

Setelah 3 hari, barulah larva telah mulai berwarna hitam dan berenang kesana-kemari, inilah tanda larva tersebut sudah membutuhkan pakan tambahan. Berikut ini beberapa jenis umum pakan larva lele yang mudah ditemukan disekitar kita.


1. Cacing Sutra

Cacing Sutra digunakan untuk pakan benih lele umur 3 hari, karena memiliki kadar protein paling tinggi. 

Kandungan protein dalam cacing sutra ini sangat berguna untuk pertumbuhan larva lele agar cepat besar dan pembentukan organ pencernaan lele. Disamping itu juga cacing sutra juga tidak terlalu mempengaruhi kualitas air kolam. 

2. Artemia

Artemia bisa menjadi solusi alternatif pakan larva lele. Harga artemia cenderung lebih murah, serta mudah diperoleh.

Artemia termasuk  jenis pakan  alami. Artemia berguna memperepat pertumbuhan larva lele, hal ini dikarenakan  Artemia mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi bila dibandingkan kuning telur. 

Kandungan gizi tersebut cukup berpotensi dalam menunjang pertumbuhan larva ikan biawan hingga tahap benih. Keuntungan yang lain dari penggunaan artemia yakni tidak merusak kualitas air, ukurannya yang sangat kecil memudahkan larva ikan untuk memakan.


3. Kuning Telur 

Kuning telur juga bisa menjadi solusi darurat pakan larva lele,  jika mememang benar-benar sulit untuk memperoleh cacing sutra.
Kuning telur memiliki kandungan protein tinggi, namun bila diaplikasikan untuk pakan larva lele kurang baik. 

Bila pemberian pakan kuning terlalu banyak dan menyisakan kuning telur didasar kolam akan mempengaruhi kualitas air, kondisi air akan memburuk dan tumbuh jamur.



Tiga jenis pakan larva diatas tadi merukapan kumpulan pakan larva lele alami yang berkualiatas, namun menurut saya pakan yang paling bagus adalah cacing sutra, namun bila tidak mendapatkan cacing sutra ya saya terpaksa pakai artemia meskipun sedikit lebih ribet tapi ada sedikit keuntungan yakni harga artemia yang murah.


Cara Membuat Pakan Buatan Larva Lele Agar Cepat Besar
cara membuat pasta larva lele






Usaha budidaya pembenihan lele sangat membutuhkan pakan alami cacing sutra. Seperti yang sudah saya tuliskan diatas bahwa cacing sutra sangat dibutuhkan larva lele umur 3 sampai 21 hari. Jadi kebutuhan cacing sutra sangat tinggi namun jumlahnya terbatas.

Bahkan tidak selalu permintaan cacing sutra bisa memenuhi permintaan petani pebibitan lele, untuk mensiasati pakan larva lele
kita bisa menggunakan pakan buatan sendiri. Berikut cara membuat pasta larva ikan lele.

1. Pakan udang dan  pakan ikan lele.
pakan buatan untuk larva lele
Untuk pakan udang bisa menggunakan fengll dan sejenisnya sedangkan untuk pakan lele yang diu maksud bisa menggukan pf 500 dan sejenisnya 

2. Campur air sampai basah

campur kedua  pelet tersebut sampai rata misalkan dan campurkan air untuk membahasi pelet pakan lele serta pakan udang tersebut

3. Fermentasi minimal 24 jam

Setelah mencapurkan pakan udang dan pakan lele dengan air , yang mesti sobat lakukan ialah membiarkan pakan tersebut selama 24 jam  (1hari)

4. Diremas-remas sampai lumat

lakah selanjutnya ialah melumat pakan yang telah di fermentasi tersebut dengan kedua tangan dan pastikan semua bener2 menyatu dan tidak ada pakan yang kasar sedikitpun yang belum hancur 

5. Buat bulat kecil seperti bakso

Setelah semua pakan benar benar menyatu serta tidak adalagi butiran kasar dari pakan lele yang kita campurkan tadi langkah berikutnya membuat seperti bakso dengan menggunakan dua telapak tangan sambil di putar putar

6.siap untuk diberikan 

Pasta untuk larva lele sudah siap di berikan . ada beberapa cara pemberianya, sebaiknya di gantung agar kita bisa melihat pasta untuk larva lele sudah habis atau belum ,  jika pasta untuk larva lele belum habis sebaiknya jangan di berikan pasta tambahan dahulu biarkan benar benar habis karena ini sangat berpengaruh bagi kualitas air 

7. Simpan di kulkas atau tempat yg tertutup


Jika anda terlalu banyak membuat pasta untuk larva lele jangan kuatir sisanya bisa disimpan di dalam kulkas dan esoknya di berikan kembali untuk larva lele



Baca Juga : Kualitas Air yang Optimal untuk Pertumbuhan Ikan Lele



Tag : pakan benih lele umur 3 hari, pakan alternatif larva lele, pakan buatan untuk larva lele, pakan larva lele mem, cara merawat larva lele di kolam terpal, pakan alternatif lele dari tumbuhan
cara agar larva lele cepat besar, pakan pasta untuk lele

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Pakan Buatan Larva Lele Agar Cepat Besar"