Adsen

Budidaya Ikan lele pada Kolam Terpal

Budidaya Ikan lele pada Kolam Terpal

Budidaya Ikan lele pada kolam Terpal - Secara teknis penanganannya tidak jauh berbeda dengan kolam beton. Kolam terpal dan kolam beton memiliki keuntungan masing-masing. 

Kolam beton memiliki keuntungan lebih kuat, praktis dan memiliki dasar kolam yang rata. Konstruksi inilah yang memudahkan dalam pembersihan kolam dari sisa pakan dan kotoran ikan. 

Keuntungan menggunakan kolam terpal yang pasti lebih hemat, namun dari pengalaman saya ada sedikit permasalahan yaitu pada dasar kolam yang tidak rata, kondisi ini bisa diakibatkan karena terinjak-injak. Lalu lumut yang membandel sangat sulit dibersihkan, dan semut yang memakan terpal sehingga kolam menjadi bocor. 


Bahan Ternak Ikan Lele Kolam Terpal

Siapkan terpal sesuai dengan ukuran yang di inginkan nanti. Bambu, terpal baliho atau bekas iklan banner (untuk melapisi anatara rangka besi dan terpal kolam) dan  kerangka besi yang lain.Tali , paku serta kawat atau alat penunjang untuk bikin kerangka. Alat yang lain seperti lem atau ember.


Bagaimana Cara Budidaya Ikan lele di Kolam Terpal untuk Pemula ?


Budidaya ikan lele di kolam terpal memang sangat menguntungkan bagi petani  ikan dan jauh lebih efisien dalam perwatannya. 

ikan lele memiliki sekitar 7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Lele. Selain itu ikan lele  juga dimanfaatkan sebagai pemakan hama sawah, pemakan jentik nyamuk, dan pemakan sisa makanan rumah tangga.

Ikan lele juga ditunjang dengan kondisi fisik yang mudah bertahan hidup, hal ini membuat ikan lele mudah untuk dibudidayakan.

Bibit ikan lele juga mudah diperoleh dan tentunya nudah dipasarkan dengan harga terjangkau. Mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi ikan lele, hal ini membuat peternak ikan lele mudah meraup keuntungan dan berkembang dengan cepat. Ternak ikan lele juga memiliki masa panen singkat sehingga peternak tidak perlu menunggu lama untuk dipanen.

10 Keuntungan Budidaya Lele Kolam Terpal 

1.Tidak memerlukan tempat besar serta bisa sesuai dengan kemampuan yang dipunyai, hingga di perkarangan rumah juga kita bisa membudidayakannya.

2. Cost yang dikeluarkan relatif lebih kecil.

3. Tak dipengaruhi oleh keadaan tanah, sebagian daerah mungkin 

4. Ikan lele tidak berbau lumpur, 

5. Ikan lele yang dibudidayakan dikolam terpal bersifat fleksibel atau mudah dipindahkan. Hal ini karena proses penangkapan atau pemindahan ikan lele tersebut tidak menyulitakan para peternak lele

6. Gampang dalam pengeringan serta ganti air supaya terus bersih.

7. Lebih fleksibel serta bisa dipindahkan bila diperlukan

8. Harga bibit dari kolam terpal lebih mahal dibandingkan dengan bibit dari kolam tanah

9. Mudah dalam mengamati perkembangan serta perubahan lele

10. Pada waktu panen bakal lebih gampang serta benar-benar praktis

Tipe budidaya ikan lele dibagi menjadi 2 tipe kategori yaitu Pembenihan ikan lele dan Pembesaran ikan lele. 


Pembenihan ikan lele, peternak bisa memanen di usia 1-2 bulan yang mana benih ikan mencapai ukuran 5-6 cm. Pastinya benih ikan lele diproduksi guna memenuhhi kebutuhan benih bagi para pengusaha di sektor pembesaran ikan lele. Sedangkan pembesaran ikan lele, umumnya dipanen ketika usia sudah mencapai 3 bulan. 


Dalam pemeliharaannya, kategori pembenihan dan pembesaran sangat berbeda. Untuk sektor pembesaran dalam pemeliharaanya tidak membutuhkan banyak perawatan. air kolam tidak perlu sering-sering diganti, bahkan sampai masa panen. Setiap pagi dan sore cukup diberi aliran air baru sedikit untuk membuang kandungan minyak dari sisa pakan serta kotoran di permukaan air.  Hal yang perlu diperhatikan adalah sumber makanan, dimana kita harus memberikan cukup makanan dan jdwal yang konsisten. 

Untuk sektor pembenihan ikan lele tentu memiliki perbedaan dalam perwatannya dibandingkan dengan pembesaran ikan lele. Pembenihan ikan lele memerlukan perawatan ekstra teliti, yang mana tidak boleh memberi pakan terlalu banyak, tidak boleh telat mengganti air, menjaga kondisi suhu kolam dll
berikut ini saya jabarkan beberapa tahap dalam perawatan benih ikan lele.

3 Tahab Perwatan Benih Ikan Lele pada Kolam Terpal 

1. Persiapan kolam pendederan larva

Sebelum melakukan pendederan yang perlu dilakukan adalah persiapan media. Apa yang dilakukan ?

Simple saja, yang pertama adalah membersihkan kolam terpal dari lumut, setelah berisih isi kolam dengan air setinggi 25 cm. Air kolam tidak perlu di endapkan selama berhari-hari, dipakai langsungpun tidak apa-apa. 

Jangan lupa dilakukan pencegahan terhadap penyakit. INGAT.... LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI !!

Apa yang harus dilakukan ?

Simple saja,, berilah obat biru / PK untuk mencegah, menghambat dan membunuh bakteri dan lumut. 

2. Pemberian Pakan

Dalam postingan sebelumnya sudah saya jabarkan jenis pakan lele berdasarka umur. Dalam teknisnya, pemberian pakan untuk benih ikan lele diberikan setiap pagi jam 07.00 dan sore jam 16.00

Banyak kasus pertumbuhan ikan yang tidak rata, hal inilah yang membuat jumlah ikan berkurang karena ikan yang berukuran besar memangsa ikan berukuran kecil. Untuk menghindari hal itu, dalam pemberian pakan campurlah pakan dengan pelet yang sudah dihaluskan,  sehingga ikan kecil tetap bisa makan. 

3. Managemen kualitas air

Kualitas air adalah fakor penting yang mempengaruhi kehidupan dan pertumbuhan ikan, sebab kualitas air sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. 


budidaya ikan lele pada kolam terpal
Kualitas air seperti pH dapat dikontrol ,yang penting jadwal penggantian air tepat waktu. Untuk mengatur suhu stabil pada kolam diberi penutup, tutuplah kolam setiap jam 9 sampai sore jam 4. Setelah perawatan selesai, kolam kembali ditutup hingga pagi hari.
budidaya lele di kolam terpal

Bisa dilihat pada gamabar berikut....

Gambar diatas merupakan kondisi air kolam yang sudah disipon dan diganti airnya 100%, sedangkan gambar dibawah ini merupakan kondisi dimana air kolam belum diganti. Bisa dilihat perbedaannya, gambar dibawah airnya terlihat keruh dan banyak kotoran ikan. apabila tidak segera dibersihkan akan menyebabkan nilai amonia meningkat, tanda-tandanya ikan mengambang atau menggantung.

Untuk menjaga kualitas air dilakukan penggantian air setiap hari sebanyak 2kali sehari pada pagi dan sore hari



Itu tadi sekilas pembahasan tentang budidaya lele pada kolam  terpal, terlihat sangat simple namun perlu ketelitian. PENTING.. lakukanlah perwatan pada ikan secara tepat waktu, kalau waktunya ganti air ya lakukanlah dengan segera..

budidaya lele di kolam terpal


Baca Juga : Kumpulan Pakan Larva Lele


Tag : biaya ternak lele kolam terpal, ternak lele dalam drum plastik, cara membuat kolam terpal, ternak lele pemula, cara budidaya ikan lele di kolam tembok, cara ternak lele yang baik dan benar, cara budidaya ikan lele di kolam terpal, cara budidaya ikan lele di kolam tanah


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Budidaya Ikan lele pada Kolam Terpal"