Adsen

Kualitas Air yang Optimal untuk Pertumbuhan Ikan Lele

Kualitas Air yang Optimal untuk Pertumbuhan Ikan Lele
Dalam usaha budidaya ikan, kualitas air merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup ikan yang dibudidayakan. 

kondisi air sebagai media hidup ikan lele, harus disesuaikan dengan kondisi optimal untuk ikan lele yang dipelihara. Kualitas air tersebut meliputi kualitas fisika, kimia dan biologi. 

Faktor fisika misalnya suhu, kecerahan dan kedalaman. Faktor kimia diantaranya pH, DO, CO2 dan NH3. 

Apabila kualitas air tidak stabil atau berubah-ubah maka dapat berdampak buruk terhadap ikan yang dibudidayakan, akibatnya ikan dapat stress, sakit bahkan mati bila tidak mampu bertoleransi terhadap perubahan lingkungan. 

Oleh sebab itu biasanya diperlukan tindakan khusus atau rekayasa manusia agar kondisi kualitas air tetap stabil. 

Baca Juga 



Cara Menjaga Kualitas Air Kolam Lele

Untuk menjaga kualitas air pada kolam terpal dibutuhkan perawatan dan cara-cara khusus tertentu mengingat media yang digunakan berbeda dengan kolam biasa kebanyakan (plester). 

Menjaga kualitas air pada kolam lele ini penting dan menjadi modal untuk kehidupan ikan lele yang tinggal pada kolam terpal tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menjaga kualitas air kolam lele.


  • Ikan lele dapat hidup pada suhu 20*C dengan suhu optimal antara 25-28*C. Adapun untuk pertumbuhan larva diperlukan kisaran suhu antara 26-30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.
  • Ikan lele dapat hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup sekalipun kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin zat O2 (oksigen)
  • Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia limbah industri, merkuri, atau mengandung kadar minyak dan bahan lainnya yang dapat mematikan ikan.
  • Perairan yang banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan ikan dan bahan makanan alami perairan tersebut bukan perairan yang rawan banjir.
  • Permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan hidup, seperti eceng gondok.
  • mempunyai pH 6.5-9 kesadahan (derajat butiran kasar) maksimal 100 ppm dan optimal 50 ppm, turbidity (kekeruhan) bukan lumpur antara 30-60 cm, kebutuhan o2 optimal pada range yang cukup lebar dari 0.3 ppm untuk yang dewasa sampai jenuh untuk burayak, dan kandungan CO2 kurang dari 12,8 mg/liter, amonium terikat 147,29-157.56 mg/liter


Ciri Air Kolam Lele yang Baik

Untuk lele kebutuhan konsumsi tentu tidak boleh sembarangan air nya mengingat ikan lele tersebut akan diolah untuk aneka olahan makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu menjaga kualitas air menjadi hal yang penting, sekalipun lele termasuk ikan yang tahan terhadap kondisi air yang minim, jelek dan kotor.


Untuk memahami kualitas air yang baik tentu kita harus tahu bagaimana ciri kualitas air yang jelek. Ciri umumnya yaitu:


  1. Air sudah berbau, air yang sudah berbau maka kualitas air didalamnya sudah bisa dipastikan mulai buruk atau jelek (menurun).
  2. Warna air, warna air ini tidak bisa dipastikan jelek atau bagus karena pada beberapa kasus ada air coklat bagus ada juga yang hijau bagus. Namun pada berbagai percobaan air yang berwarna merah tidak begitu bagus hasilnya jika untuk budidaya ikan lele


Kualitas Air Optimal untuk Pertumbuhan Ikan Lele


daftar Kualitas Air Optimal untuk Pertumbuhan Ikan Lele

Warna air kolam lele juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan lele. Air yang berwarna merah coklat merupakan warna air yang baik untuk budidaya lele saat masa-masa menuju konsumsi atau akan di panen. Sedangkan warna air coklat sama saja hasilnya, ikan lele akan tumbuh dengan sehat dan mengurangi tingkat kematian


Berikut ini table parameter kualitas air yang optimal  untuk pertumbuhan ikan lele menurut beberapa sumber :

Parameter
Nilai
Satuan
Sumber
Suhu
22-32
oC
BBPBAT (2005)
Oksigen Terlarut
>0,3
>0,1
Mg/L
Mg/L
Rahman et al (1992)
Rahman et al (1992)
pH
6,5-8,5
6-9

Boyd (1990) Wedemeyer (2001)
Amonia (NH3)
0,05-0,2
<0,1
mg/L
Wedemeyer (2001) Rahman et al (2001)
Alkalinitas
50-500
5-100
mg/L CaCO3
mg/L CaCO3
Wedemeyer (2001) Boyd (1990)












Baca Juga :    5 Jenis Pakan Lele Berdasarkan Umur



Tag : kualitas air yang baik untuk ikan lele
kualitas air yang baik untuk ikan lele pdf
jurnal manajemen kualitas air pdf
jurnal kualitas air untuk budidaya ikan pdf
parameter kualitas air budidaya pdf
jurnal kualitas air kolam
jurnal kualitas air untuk budidaya ikan nila pdf
jurnal pembesaran ikan lele pdf

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Kualitas Air yang Optimal untuk Pertumbuhan Ikan Lele"

Andra water mengatakan...

Terima kasih banyak ya kang infonya banyak info disini, tapi masih belum paham istilah ppm