Adsen

7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Lele

Ikan lele adalah ikan yang hidup di air tawar dan tersebardiseluruh wilayah indonesia. di Indonesia ikan banyak lele dijadikan menu makanan utama di warung, restoran maupun menu makanan sehari-hari. Citarasa yang gurih menjadikan ikan lele banyak digemari oleh lidah masyarakat Indonesia. Disamping harganya murah ikan lele juga menyimpan nutrisi yang bermanfaat bagi yang mengkonsumsi.

manfaat mengkonsumsi ikan lele


Berikut adalah manfaat ikan lele bagi tubuh :

1. mengandung asam folatnya yang lumayan tinggi juga mampu membantu perkembangan otak, terutama buat perkembangan otak anak

2. protein dan asam lemak yang termasuk minyak tidak jenuh, tetapi tidak mengandung karbohidrat. Dikutip dari ahli gizi Leona Victoria Djajadi MND

3. Daging ikan lele mengandung lemak 2 gram saja dan hal inilah yang menyebabkan ikan lele jauh lebih rendah dibandingkan sapi (14 gram) dan ayam (25 gram). Sehingga daging ikan lele dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi masyarakat.

4. ikan lele banyak mengandung protein dengan kadar lisin dan leusin cukup tinggi dibandingkan daging sapi. Leusin sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak - anak dan ampuh buat menjaga kesetimbangan nitrogen pada orang dewasa.
Dikutip dari : Prof. Dr. Made Astawan

5. Mengandung dua asam lemak esensial DHA yaitu kira-kira sebesar 4,74 % dan EPA yaitu kira-kira sebesar 0,31 % yang bermanfaat bagi kesehatan serta merangsang perkembangan otak anak.

6. Kandungan lemaknya jauh lebih rendah dibandingkan daging sapi, ayam dan hewan ternak lainnya sehingga cocok
dikonsumsi untuk orang yang sedang diet

7. Ikan lele mengandung banyak protein dengan kadar lisin dan leusin lebih tinggi dibandingkan daging sapi. leusin sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga kesetimbangan nitrogen pada orang dewasa.
Dikutip dari Prof. Dr. Made Astawan seorang ahli teknologi pangan dan gizi



Memang ikan lele memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun kita harus bijak dalam mengkonsumsi. Kita tidak harus setiap hari mengkonsumsi daging ikan lele. Masih banyak ikan-ikan lainnya yang memiliki banyak nutrisi.

Tag : manfaat lele goreng, manfaat ikan lele untuk kesuburan pria, bahaya ikan lele, manfaat ikan lele untuk bayi, manfaat mengkonsumsi ikan nila, manfaat ikan lele untuk ibu hamil, ikan lele haram, kandungan gizi ikan lele per 100 gram

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Lele"